Senin, 28 November 2011

MENYUNTING PARAGRAF


Obyek wana wisata Curug Cijalu terletak di desa Cipancar kecamatan Sagala Heurang Kabupaten Subang. Wana wisata Curug Cijalu tidak kalah menariknya dengan obyek wisata yang sudah terkenal di Kabupaten Subang seperti obyek wisata alam Gunung Tangkuban Perahu yang terkenal dengan cerita Sangkuriang, obyek wisata alam sumber air panas Sari Ater dan sebagainya. Obyek wana wisata Curug Cijalu terletak di kaki Gunung Sunda dan termasuk kedalam jajaran Cagar Alam Gunung Burangrang yang terkenal dengan obyek wisata alam Situ Lembang. Curug Cijalu (air terjun) berasal dari mata air yang mengalir deras membelah bukit di puncak Gunung Sunda, yang merupakan salah satu obyek wisata andalan di Kabupaten Subang. Curug Cijalu menyuguhkan pesona alam yang menyejukkan dan juga memberi kedaiman.

Berdasarkan kaidah mengenai penulisan paragraf yang padu, satu paragraf terdiri dari satu topik, selur
uh kalimat bekerja sama dan berhubungan dengan topik, serta paragraf tersebut memberi informasi yang cukup kepada pembaca. Selain itu, pada paragraf yang baik terdapat pengembangan gagasan. 
Sunting paragraf di atas dengan memperhatikan hal di bawah ini:
1. Karena terdapat dua topik, buat paragraf itu menjadi dua sehingga masing-masing hanya memiliki satu topik.
2. Kurangi redundansi (pengulangan kata yang tidak perlu) Curug Cijalu ditulis berulang-ulang sehingga membosankan dan boros.
3. Perbaiki kesalahan ejaan dan tanda baca.
4. Berikan informasi yang cukup kepada pembaca.

Sunting paragraf di bawah ini, dengan menerapkan kaidah urutan (ruang dan ukuran), menyelaraskan struktur kalimat, dan mengurangi redundansi dengan mencari bentuk sinonim atau kata gantinya. Jika Anda temukan dua kalimat yang idenya lebih penting dari yang lainnya atau sama-sama penting--terletak berurutan, lakukan koordinasi dan subordinasi.
Batu adalah sebuah kota wisata terkenal di Jawa Timur. Letaknya sekitar lima kilometer sebelah timur Kecamatan Pujon, 20 kilometer sebelah barat Kota Malang, Jawa Timur. Dari Surabaya, kota wisata terkenal ini bisa ditempuh selama tiga jam, sejauh sekitar 100 kilometer. Prasarana wisata berupa penginapan yang terdapat di kota kecil ini antara lain tiga hotel kelas melati, dua hotel berbintang dua, dan empat hotel berbintang satu. Sarana lain berupa sebuah taman rekreasi sedang dibangun sebagai tempat rekreasi andalan Jawa Timur, yang luasnya mencapai seribu lima ratus hektare. Fasilitas taman itu sangat lengkap dan modern. Beberapa tempat menarik di pinggir kota, seperti pemandian air panas, agrowisata apel, air terjun Coban Talun, dapat dicapai satu jam perjalanan dari pusat kota.

Suntinglah contoh tulisan berikut ini dengan: (1) menghilangkan redundansi(tautologi, repetisi yang tidak perlu, prolixity, dan pleonasme); (2) meringkas frasa; (3) memperbaiki kesalahan berbahasa.
Meskipun korban lumpur Lapindo terus menuntut ganti rugi tetapi sampai hingga saat sekarang ini pemerintah belum mengeluarkan keputusan mengenai besarnya ganti rugi tersebut. Sebab, dalam masalah ini, pemerintah menghadapi dilema yang sulit. ”Anggaran yang disediakan untuk pembayaran ganti rugi tidak cukup memadai untuk mengganti seluruh total kerugian dikarenakan akibat bencana itu,” kata Wakil Presiden Jusuf Kalla, kepada pers di Jakarta, tanggal 4 Mei 2007. Namun, menurut Jusuf Kalla, pemerintah tetap memperhatikan nasib korban lumpur Lapindo. ”Masalah ganti rugi adalah merupakan bagian dari penanggulangan lumpur Lapindo,” kata wapres. Sedangkan di tempat terpisah, Ketua Pelaksana Tim Nasional Penanggulangan Lumpur Basuki Hadi Muljono mengatakan bahwa sampai sekarng saat ini pemerintah telah mengeluarkan dana Rp 900 milyar untuk membiayai relokasi infrastruktur jalan tol dan jalan arteri akibat luapan lumpur di kawasan proyek PT Lapindo Brantas Inc. di Sidoarjo, Jawa Timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar